Minggu, 14 Desember 2014

Jenis-Jenis Media Pembelajaran ( Media Pembelajaran Sejarah)




media pembelajaran

      Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu  proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar  sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar.

 Sedangkan menurut Briggs (1977) media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya, sedangkan menurut National Education Associaton (1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun cara pandang dengar, termasuk teknologi perangkat keras. 

Menurut Edgar Dale, dalam dunia pendidkan penggunaan media pembelajaran menggunakan prinsip kerucut pengalaman, yang membutuhkan media seperti teks, pembekalan/ pemberian materi dari guru dan audio visual.

 


Dalam pembelajaran kita pasti menggunakan media pembelajaran, berikut ini jenis-jenis media pembelajaran menurut Nana Sudjana, antara lain :
1) Media grafis : bagan, diagram, grafik, poster, kartun, foto;
2) Media tiga dimensi yaitu model diorama;
3) Media proyek : film, OHP, film strip, slide, LCD;
4) Medi Audio : tape recorder, radio, lingkungan.

Sejarah adalah sebuah pelajaran tentang  masa lampau atau tentang cerita kehidupan manusia pada masa lampau, dalam hal ini agar pembelajaran sejarah menyenangkan dan menjadi lebih segar mungkin anda bisa membuat pembelajaran dengan jenis-jenis pembelajaran sejarah, antara lain :
a) Media tiruan 
Media tiruan adalah penggunaan alat tiruan atau alat peraga untuk menyampaikan sesuatu, contohnya saja untuk menjelaskan candi hindu budha tidak perlu menuju ke lokasi, guru bisa membuat miniatur candi agar peserta didik paham akan penyampaian materi yang guru jelaskan.
b) Media papan
Media papan adalah media pembelajaran menggunakan papan tulis.
c) Media yang disorot
Media yang disorot adalah sebuah media pembelajaran yang menampilkan gambar- gambar yang disorot dengan sebuah alat proyeksi seperti film gambar.
d) Media pandang dengar ( audio visual )
merupakan media yang berkaitan dengan indera penglihatan dan pendengaran secara bersama-sama. 
e) Media cetak
Merupakan suatu media yang bersifat statis yang mengutamakan pesan-pesan dari lembaran kertas dengan sejumlah kata, gambar atau foto dalam halaman hitam putih.
f) Komputer atau internet

Dan berikut ini adalah jenis-jenis media pembelajaran sejarah yang lain, yaitu :
1) Peninggalan Sejarah
 Peninggalan sejarah adalah jejak-jejak atau benda-benda dan budaya yang ditinggalkan nenek moyang kita sebagai segi ekonomi, politik, sosial da bukti adannya kehidupan pada masa itu dan mengeti dari sisi kehidupan lain seperti darn budaya. Contohnya, antara lain : menhir, sarkofagus, kubur batu dan dolmen
2) Model diorama, maket, replika, candi, patung
a) Maket adalah tambahan atau rancangan arsitektur dan sebagai cara untuk menyampaikan ide dan menggambar tata ruang.
b) Replika adalah wahana buatan manusia untuk menggambarkan sebuah pembelajaran berupa bentuk tiruan dari sebuah hal pembelajaran yang ingin disampaikan dengan peserta didik agar peserta didik lebih mengerti, contoh : replika candi.
c) Candi adalah istilah dalam bahasa Indonesia yang merujuk pada sebuah bangunan keagamaan tempat beribadah pada khususnya hindu dan budha, bangunan ini peninggalan dari peradaban hindu dan budha. Candi juga merupakan bangunan replika tempat tinggal para dewa yang sebenarnya, yaitu gunung mahameru. Selain sebagai tempat beribadah candi juga digunakan sebagai makam dan tempat pendharmaan raja-raja.
d) Patung adalah benda tiga dimensi karya manusia yang diakui secara khusus sebagai suatu karya seni.
3) Peta atlas, peta dinding, peta sketsa, peta lukisan
Peta adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu melalui suatu sistem proyeksi.
4) Museum
Museum adalah lembaga, tempat penyimpanan, perawatan, pengamanan dan pemanfaatan  benda-benda bukti materiil hasil budaya manusia serta alam dan lingkungan guna menunjang upaya perlindungan dan pelestarian kekayaan budaya bangsa.
5) Ruang Sejarah
6) Media audio, tape recorder, radio
Media ini penggunaanya adalah peserta mendengarkan dari materi pembelajaran yang disampaikan guru melalui tape recorder, audio, radia. Jadi siswa menangkap pembelajaran melalui pemahaman mendengarkan.
7) Media audio visual : tv, film, video
Media ini adalah sebuah media pembelajaran sejarah yang fungsinnya memperlihatkan sebuah pembelajaran yang dibuat atau disiapkan guru untuk pesrta didik, jadi seorang peserta didik  menerima materi melalui melihat sekaligus mendengarkan. Media audio visual ini akan membuat seorang peserta didik lebih terfokus menerima pelajaran dan lebih dapat menerima materi yang diberikan,
8) Media proyeksi film, OHP, film strip, studi LCD
9) Media moder, komputer dan internet
10) Media cetak : buku, majalah, koran
Media ini adalah sebuah media cetan khususnya yaitu peserta didik mempelajari dan memahami materi atau pembelajaran khususnya pembelajaran sejarah melalui mebaca, seperti membaca buku, majalah, dan koran.
11) Media grafis : bagan, diagram, grafik, poster kartun
Media grafis adalah sebuah pembelajaran sejarah dengan penyampaian materi pembelajaran kepada siswa dengan menggunanakan bagan, diagram, grafik dan poster kartun. Jadi menginovasi peserta didik agar lebih tertarik dan terfokus pada materi yang diberikan selain itu peserta didik akan lebih memahami materi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar